Skip to main content

Honda WR-V Hadir Dengan Model Stylish, Mesin Powerful dan Fitur - Fitur Serta Teknologi Canggih

Surabaya, 10 Februari 2023 Honda Surabaya Center (HSC), Main Dealer resmi Honda wilayah Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara memberikan kesempatan kepada media untuk mencoba langsung Honda WR-V yang diluncurkan pada bulan November tahun lalu. Acara ini berlangsung pada tanggal 10 Februari 2023 dengan rute awal W Superclub, Surabaya menuju Calli Mera, Pandaan.

Regional Media Test Drive Honda WR-V 2023

Honda WR-V, Small SUV pertama dari Honda, hadir dengan model yang stylish dan ground clearance tertinggi di kelasnya. Dikembangkan dengan konsep “My Urban Freestyler,” Honda WR-V menggabungkan unsur Fun to Drive & Worry-Free serta Premium Feel dengan ground clearance tertinggi di kelasnya (220 mm), ruang bagasi besar (380L), serta visibilitas yang baik agar pengemudi dapat menikmati berkendara tanpa stres dan khawatir di berbagai kondisi jalan.

 

Honda mendesain eksterior serta interior Honda WR-V menggunakan material premium yang berkualitas tinggi untuk memenuhi harapan dan nilai penggunanya. Desain eksterior Honda WR-V mengekspresikan tampilan SUV yang tangguh dengan gaya yang lebih emosional dan sporty. Tampilan depan menampilkan gril depan memanjang yang melengkapi desain lampu depan modern. Honda WR-V dilengkapi dengan lampu LED yang tajam dan panjang sehingga memberikan visibilitas yang jelas. Honda WR-V juga dilengkapi dengan lampu sein Sequential yang modern membuat tampilan depan SUV ini terlihat menawan secara estetis. Desain lampu belakang Honda WR-V memiliki fitur garis dual-LED menonjol dan khas yang memanjang untuk menekankan kesan lebar pada mobil.

 

Ang Hoey Tiong selaku President Director Honda Surabaya Center mengatakan, “Melihat banyaknya antusias media terhadap Honda WR-V, Kami kembali mengajak media Surabaya untuk mencoba secara langsung performa Honda WR-V melalui acara Honda WR-V Media Test Drive. Kami berharap media dapat mengenal lebih jauh mengenai fitur-fitur dari Honda WR-V yang tertinggi di kelasnya sepanjang rute Surabaya - Pandaan hari ini.”

Ang Hoey Tiong, President Director Honda Surabaya Center (Kiri) Bersama Wendy Miharja, Marketing and After Sales Service Director Honda Surabaya Center (Kanan)

Dikembangkan sebagai sebuah SUV yang sporty dengan performa bertenaga, Honda WR-V tampil dengan mengusung mesin yang memiliki tenaga terbesar di kelasnya. Tak hanya itu, perpaduan antara transmisi CVT, suspensi, dan kemudi menghasilkan rasa berkendara yang responsif namun tetap nyaman serta bahan bakar yang efisien.

 

Menggunakan mesin 1.5 L i-VTEC DOHC 4 silinder segaris DBW, 16 katup, Honda WR-V memiliki tenaga maksimum 121 PS pada 6.600 rpm serta torsi maksimum 145 Nm pada 4.300 rpm, yang merupakan terbesar di kelasnya. Mesin Honda WR-V tersebut dirancang untuk menghasilkan keseimbangan antara torsi yang bertenaga dan efisiensi bahan bakar pada kisaran putaran rendah hingga menengah.

 

Honda WR-V menggunakan transmisi CVT dengan teknologi G-design shift yang dapat menghasilkan performa akselerasi yang bertenaga serta memiliki efisien bahan bakar yang meningkat sebesar 4%. Performa mesin bertenaga dipadu dengan transmisi CVT membantu pengalaman mengemudi terasa menyenangkan ketika berkendara melewati bermacam kondisi jalan di perkotaan maupun luar kota.

 

Selama Honda WR-V berakselerasi, kontrol perpindahan gigi step-up memanfaatkan kecepatan variabel berkelanjutan. Proses ini memungkinkan akselerasi yang bertenaga terintegrasi dengan peningkatan kecepatan mesin disaat pengemudi membutuhkan akselerasi. Kemudian saat mesin mencapai kecepatan tinggi, perpindahan gigi dilakukan sambil memindahkan transmisi bertahap (step-up shift).

 

Brake operation step-downshift control bekerja saat pengemudi menekan rem pada tingkat yang keras, putaran mesin dijaga tetap tinggi namun juga menjaga rasio gigi tetap rendah. Jika putaran mesin berkurang, rasio gigi akan turun lebih rendah. Sehingga gaya pengereman dibantu oleh engine brake. Kemudian pada saat pengemudi menginginkan akselerasi ulang, pengemudi akan merasakan tarikan yang responsif karena putaran mesin dijaga tetap tinggi.

 

Honda WR-V memiliki sistem sasis eksklusif untuk memberikan pengendalian yang lebih lincah serta kenyamanan berkendara yang baik.  Bagian bodi Honda WR-V dirancang untuk mendukung pengendalian dan kestabilan dimana pengendalian pada sistem kemudi Honda WR-V memberikan rasa percaya diri dalam bermanuver secara gesit namun tetap memberikan kenyamanan berkendara di setiap kondisi.

 

Suspensi bagian depan Honda WR-V menggunakan MacPherson Strut yang mendukung kenyamanan pengemudi untuk mengendalikan kendaraan. Sementara pada bagian belakang Honda WR-V menggunakan High-Torsional Rigidity U Shape Beam untuk mendukung dalam melewati berbagai kondisi jalan.

 

Untuk meredam kebisingan mesin, kebisingan jalan dan pengalaman berkendara yang senyap, kabin Honda WR-V menggunakan bahan peredam Spray Foam dan struktur panel tertutup yang terdapat di sekitar area panel bodi mobil, yang juga sekaligus berfungsi mencegah debu serta bau tidak sedap dari luar masuk ke dalam kabin mobil. Penyatuan mesin Honda WR-V dirancang sedemikian rupa untuk mengurangi getaran mesin ke bodi mobil, juga cover pada mesin dalam membantu meredam suara mesin.

Regional Media Test Drive Honda WR-V 2023Honda SENSINGTM

Honda WR-V hadir dengan berbagai teknologi keselamatan yang lengkap mulai dari teknologi keselamatan aktif dan juga canggih seperti Honda SENSINGTM, teknologi keselamatan pasif hingga beberapa teknologi pendukung keselamatan lainnya. Teknologi Honda SENSINGTM tersedia pada varian tertinggi Honda WR-V RS with Honda SENSINGTM. Teknologi inimerupakan rangkaian teknologi keselamatan yang memberikan perlindungan komprehensif bagi pengemudi dan penumpang dengan cara memberikan peringatan hingga secara otomatis mengambil tindakan untuk mengurangi resiko terjadinya kecelakaan.

 

Fitur-fitur Honda SENSINGTM yang terdapat pada Honda WR-V yang pertama adalah Collision Mitigation Braking System (CMBS) merupakan sistem kamera dan perangkat lunak yang memungkinkan penggunaan CMBS dalam lebih banyak situasi seperti mendeteksi pejalan kaki, sepeda dan sepeda motor.

 

Jika sistem mendeteksi kendaraan, pejalan kaki, atau sepeda dan menentukan adanya potensi tabrakan, sistem akan memperingatkan Anda dengan peringatan tampilan di sistem multi-informasi. Dalam situasi darurat, sistem akan menerapkan pengereman yang kuat untuk menghentikan atau memperlambat kendaraan untuk membantu menghindari tabrakan atau mengurangi kerusakan.

 

CMBS bekerja ketika sistem menentukan bahwa ada potensi tabrakan, saat bergerak dengan kecepatan 5 km/jam atau lebih, dengan kendaraan, pejalan kaki, atau sepeda yang bergerak. Sistem secara otomatis akan menghentikan atau memperlambat kendaraan Anda untuk membantu menghindari tabrakan atau mengurangi kerusakan akibat tabrakan.

 

Kemudian Honda WR-V memiliki Adaptive Cruise Control (ACC) with Low-Speed Follow yang membantu pengendara untuk mengatur kecepatan yang diinginkan dan membuat kendaraan mengikuti mobil yang ada di depannya, sehingga memungkinkan penggunaan cruise control pada kondisi jalanan yang cukup lenggang. Sistem ACC mendeteksi jarak kendaraan terhadap mobil di depannya, dan mengatur kecepatan kendaraan untuk menjaga jarak ideal. Jarak pendek, menengah, jauh atau ekstra jauh dapat diaplikasikan pada sistem ACC.

 

Saat dibutuhkan, kendaraan dapat melakukan pengereman otomatis menggunakan modulator Vehicle Stability Assist (VSA). Dengan didukung sistem Low-Speed Follow (LSF), kemampuan untuk mengikuti kendaraan di depan secara otomatis dapat ditingkatkan terutama ditengah jalanan macet dimana kecepatan menurun hingga 0 km/jam.

 

Honda WR-V juga dilengkapi Lane Keeping Assist System (LKAS) dimana sistem ini mengurangi beban pengemudi dengan mendukung pengoperasian kemudi agar tetap mengemudi di tengah lajur saat berkendara di jalan raya. Jika sistem mendeteksi bahwa kendaraan tampaknya meninggalkan jalur, sistem akan memberi peringatan dengan getaran roda kemudi dan peringatan tampilan audio dan multi-informasi. LKAS aktif saat kendaraan bergerak dengan kecepatan 72 km/jam atau lebih.

 

Selanjutnya Road Departure Mitigation System (RDM), sistem ini mendukung pengoperasian kemudi saat kendaraan akan menyimpang dari jalur. Ketika kendaraan kemungkinan akan menyimpang dari jalur tanpa tanda belok, getaran kemudi dan peringatan visual akan menyala. Selain itu, sistem ini mendukung pengoperasian kemudi untuk menjaga kendaraan tetap berada di jalur sebelum tergelincir. RDM bergerak pada 72 km/jam atau lebih ketika kendaraan berangkat dari jalan atau sistem memprediksi bahwa kendaraan akan keluar dari jalur.

 

Honda WR-V memiliki Auto High-Beam (AHB) yang membantu memastikan visibilitas pengemudi yang baik dengan beralih antara low beam dan high beam secara otomatis saat pengemudi mengemudikan mobil di malam hari. Sistem ini membantu memberikan visibilitas yang jelas dan mengurangi jumlah waktu yang diperlukan untuk mengganti lampu depan secara manual.

 

Lead Car Departure Notification System (LCDN) Sistem memberi tahu pengemudi jika mobil di depan mulai berhenti berlahan. Kemudian pada saat berhenti, sistem ini akan memperingatkan pengemudi tentang pergerakan mobil di depan. Jika sistem mendeteksi bahwa mobil di depan yang berhenti telah mulai bergerak, sistem akan memperingatkan pengemudi dengan peringatan tampilan di TFT meter.

 

Honda LaneWatch Camera Kamera kecil yang terdapat pada kaca spion sisi penumpang dimana dapat diaktifkan secara manual atau otomatis saat pengemudi memberi isyarat berbelok. Video langsung muncul pada sehingga memberikan pengemudi pemandangan blind spot yang lebih luas. Selain dilengkapi dengan teknologi Honda SENSINGTM, Honda WR-V juga mempunyai berbagai fitur-fitur keselamatan pendukung lainnya seperti;

Vehicle Stability Assist (VSA) Vehicle Stability Assist (VSA) adalah sistem standar untuk tanjakan dalam mencegah mobil selip ke samping saat menikung, sehingga ABS (yang mencegah penguncian roda) dan TCS (Transaction Control System) membantu memastikan kendaraan tetap stabil.

 

Hill Start Assist (HSA) Fungsi Hill Start Assist membantu mencegah kendaraan terguling ke belakang saat pengemudi beralih dari pedal rem ke pedal akselerator saat kendaraan berhenti di tanjakan. Hill Start Assist secara otomatis aktif saat kendaraan merasakan kemiringan tertentu dan berhenti sepenuhnya di gigi maju mana pun saat menghadap ke atas bukit atau gigi mundur saat menghadap ke bawah. Sistem ini menggunakan sensor G memanjang bersama dengan sensor kecepatan roda untuk mengontrol modulator rem hidrolik. Hill Start Assist, saat diaktifkan, akan melepaskan rem saat pengemudi menekan gas atau jika pengemudi tidak menekan pedal gas setelah beberapa detik.

 

Emergency Stop Signal (ESS) Sinyal Berhenti Darurat secara otomatis mengaktifkan rem dan lampu peringatan bahaya ketika mendeteksi situasi berhenti darurat. Lampu berkedip cepat untuk memperingatkan kendaraan berikut bahwa mobil berhenti tiba-tiba, mengurangi risiko tabrakan. Sinyal Berhenti Darurat aktif saat mengerem keras saat berkendara dengan kecepatan 50 km/jam. atau diatas. Lampu peringatan bahaya berkedip cepat untuk memperingatkan pengemudi di belakang bahwa pengereman mendadak telah terjadi. Ini dapat membantu mengingatkan pengemudi di belakang untuk mengambil tindakan untuk menghindari tabrakan.

Regional Media Test Drive Honda WR-V 2023

Honda WR-V memiliki teknologi keselamatan pasif yang mencakup Advanced Compatibility Engineering™. Sistem ini meningkatkan perlindungan sekaligus mengurangi kerusakan pada kendaraan lain. Disamping itu, desain ini digunakan untuk membantu mengurangi tingkat keseriusan cedera kepala pejalan kaki, fitur ini terdapat di bagian depan dan samping kendaraan.

 

Struktur Advanced Compatibility Engineering™ (ACE™) berfungsi untuk menyerap dan menyebarkan energi tabrakan secara efisien yang diakibatkan dari tabrakan kendaraan-ke-antar kendaraan secara langsung. Desain ini menyebarkan gaya tumbukan ke area depan yang lebih besar yang meningkatkan penyerapan energi dari ruang mesin dan menghasilkan peningkatan perlindungan penumpang.

 

Rear Seat Reminder Sistem ini mengeluarkan suara dan peringatan pada tampilan multi-informasi untuk mengingatkan pengemudi untuk memeriksa benda yang tertinggal setelah mesin mobil dimatikan dan penumpang hendak turun dari kendaraan.

 

Remote Engine Start and Walk Away Auto Lock Fitur ini merupakan yang pertama dikelasnya dimana Walk-Away Auto Lock berfungsi untuk mengunci pintu secara otomatis beberapa saat setelah pengemudi berjalan minimal 2 meter atau lebih dari mobil. Honda WR-V juga dilengkapi fitur Remote Engine Start yang berfungsi untuk menghidupkan mesin kendaraan dan AC secara otomatis dari jarak sekitar 30 meter sebelum masuk ke dalam kendaraan dan bahkan dapat mendinginkan kabin 10 (sepuluh) menit lebih cepat.

 

Multi-Angle Rearview Camera Kamera belakang Honda WR-V dapat disesuaikan dengan mendeteksi 3 (tiga) jenis tampilan yaitu; Normal (130°), Wide (180°), dan juga Top View.

 

Honda WR-V tersedia dalam varian dan harga sebagai berikut:

  • Honda WR-V Tipe E CVT dengan harga Rp 283.900.000*
  • Honda WR-V Tipe RS CVT dengan harga Rp. 301.900.000*
  • Honda WR-V Tipe RS CVT with Honda SENSINGTM dengan harga Rp. 321.900.000*

* Harga VIN 2023, harga On the Road Surabaya, khusus Two tone color dikenakan penambahan Rp 2,5 juta.