Skip to main content
Main Dealer of East Java, Bali and Nusa Tenggara

Cukupkah Hanya Mengganti Oli Secara Rutin?

Agar mobil tetap dalam kondisi prima, Honda Lovers perlu melakukan perawatan secara rutin. Banyak yang masih berpikir bahwa mengganti oli mesin secara rutin saja sudah cukup. Namun, ternyata hal tersebut kurang tepat ya Honda Lovers! Selain oli mesin, terdapat komponen mesin lainnya yang perlu dirawat atau diganti secara berkala.

Pada dasarnya, beberapa komponen mesin memiliki usia pakai, sehingga perlu dilakukan penggantian secara berkala. Apa saja sih komponen atau suku cadang yang harus diganti secara berkala? Berikut adalah beberapa suku cadang yang harus diganti secara berkala.

Filter Oli

Agar filter oli memiliki daya saring yang maksimal, sebaiknya perlu diganti maksimal setiap 12 bulan atau 20.000 Km*. Namun, ada baiknya filter oli juga diganti setiap kali mengganti oli mesin agar oli mesin yang baru tidak terkontaminasi kotoran dari filter oli yang lama.

Saringan Udara

Saringan udara yang kotor menyebabkan udara yang masuk kedalam mesin menjadi terhambat dan memperberat kinerja mesin. Sebaiknya ganti filter udara setiap 18 bulan atau 30.000 Km*.

Saringan Bensin

Kotoran yang menyumbat saringan bensin dapat menyebabkan bensin tidak dapat mengalir ke dalam mesin, sehingga menyebabkan terjadinya mesin mogok. Oleh karena itu, gantilah saringan bensin setiap 4 tahun atau 80.000 Km*.

Busi

Agar pembakaran dalam mesin mobil tetap sempurna, maka dibutuhkan busi dalam kondisi yang baik pula. Ada 2 tipe busi yang digunakan pada mobil, yaitu tipe nickel dan tipe iridium. Untuk busi tipe nickel harus diganti setiap 2 tahun atau 40.000 Km*, sedangkan untuk tipe iridium diganti setiap 5 tahun atau 100.000 Km*.

Oli Transmisi

Selain oli mesin, oli transmisi juga perlu diganti secara berkala agar sistem transmisi mobil menjadi lebih awet. Bagi mobil yang menggunakan sistem transmisi manual (MT) dan otomatis konvensional (AT), oli transmisi perlu diganti setiap 3 tahun atau 60.000 Km*. Sedangkan untuk mobil dengan sistem transmisi CVT, oli transmisi sebaiknya diganti setiap 2 tahun atau 40.000 Km*.

Saringan AC (Jika Dilengkapi)

Agar AC dalam mobil tetap terjaga suhunya dan udara dalam kabin menjadi lebih segar dan sehat, sebaiknya ganti saringan AC setiap 2 tahun atau 40.000 Km*.

* mana yang tercapai lebih dahulu

 

Sekarang Honda Lovers menjadi lebih paham kan suku cadang apa saja yang harus diganti secara berkala? Nah, jangan lupa ya untuk selalu melakukan servis atau perawatan berkala di Bengkel Resmi Honda, dan gunakan selalu Honda Genuine Parts yang sudah terjamin kualitasnya!